RSS

URETRITIS


Definisi
Uretritis adalah iritasi dan pembengkakan uretra yang disebabkan oleh bakteri, jamur ataupun virus yang menyerang organ seksual pada wanita dan laki-laki.

Etiologi
Penyebab uretritis adalah bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih secara umum (e. coli) atau bakteri penyakit menular seksual (klamidia, gonore, dll). Virus herpes seperti herpes simpleks dan sitomegalovirus juga dapat menyebabkan uretritis.
Pada kebanyakan kasus, bakteri berasal dari usus besar dan sampai ke vagina melalui anus. Uretritis seringkali ditemukan pada pria usia antara 25 dan 35 tahun. Pria lebih jarang mengalami uretritis.
Jasad renik yang ditularkan melalui hubungan seksual (misalnya Neisseria gonorrhoeae penyebab gonore), masuk ke vagina atau penis pada saat melakukan hubungan seksual dengan mitra seksual yang terinfeksi dan bisa menjalar ke uretra. Uretritis pada pria paling sering disebabkan oleh gonokokus. Pada beberapa kasus, uretritis tidak disebabkan oleh infeksi tetapi oleh iritasi atau kerusakan pada uretra karena pemakaian sabun, masturbasi.

Gejala
          Cairan berwarna keruh yang keluar dari ujung penis
          Cairan vagina yang tidak normal
          Demam
          Kulit yang dingin pada kaki dan tangan
          Menderita dispareunia
          Nyeri saat buang air kecil (disuria)
          Rasa sakit pada panggul
          Sakit perut
          Sering buang air kecil

Pathogenesis
          Urethra paling sering terkena infeksi dan menyebabkan peradangan, urethra pada bagian distal sebenarnya telah didiemi oleh spesies-spesies difteroid, strepcoccus, stafilokokus, tetapi tidak sering dijumpai bakteri gram negatif yang biasanya menyebabkan infeksi pada saluran kemih.
Factor yang mempengaruhi pathogenesis uretritis
          Jenis kelamin
          Faktor genetik
          Faktor aktivitas seksual

Diagnose
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala
gejalanya. Untuk mengetahui
penyebabnya,bisa diambil contoh cairan
yang keluar dari uretra dan dianalisa di
laboratorium.

Pengobatan
          Pengobatan tergantung kepada mikroorganisme penyebabnya.
Jika penyebabnya adalah bakteri, maka diberikan antibiotik.
          Jika penyebabnya adalah virus herpes simpleks, maka diberikan obat anti-virus (misalnya asiklovir).

Daftar pustaka

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Steve Lee Zacky mengatakan...

Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan ahli klinik Apollo.
Wartadokter
klinikkesehatan
kesehatankelamin

Poskan Komentar