RSS

KARDIOMIOPATI


KARDIOMIOPATI
DEFINISI
Kardiomiopati (cardiomyopathy) adalah istilah umum untuk gangguan otot jantung yang menyebabkan jantung tidak bisa lagi berkontraksi secara memadai. Ada banyak penyebab kardiomiopati, penyakit jantung koroner adalah salah satunya.

PEMBAGIAN KARDIOMIOPATI MENURUT GOODWIN
  1. Hypertrophic cardiomyopathy (HCM), atau kardiomiopati hipertrofik
  2. Dilated cardiomyopathy (DCM), atau kardiomiopati dilatasi
  3. Restrictive cardiomyopathy (RCM), atau kardiomiopati restriktif
Kardiomiopati terbagi menjadi 3 yaitu :
  Kardiomiopati dilatasi, adalah kardiomiopati yang paling umum, terdapat pada 100 orang dan manakala otot jantung melemah dan tak mampu memompa darah secara efektif. Otot jantung yang melemah kendur dan rongga jantung membengkak. Kebanyakan disebabkan oleh penyakit arteri koroner, tetapi sekitar 30% disebabkan faktor genetis
  Kardiomiopati hipertrofik, terjadi manakala di dinding jantung menebal, sehingga dapat mencegah darah lewat jantung. Kelainan ini cukup jarang dijumpai pada sekitar 0.2% penduduk Amerika Serikat (USA) atau terdapat pada 2 dalam 1000 orang dan dapat mengenai laki-laki maupun perembpuan semua umur. Gejala awal dan perjalanan penyakitnya sangat bercariasi. Beberapa pasien tetap stabil setelah diagnosis dan beberapa lainnya membaik. Tetapi beberapa pasien menunjukkan gejala memburuk dan menyebabkan usia pendek. Dalam kebanyakan kasus, kardiomiopati hipertrofik menyebabkan gagal jantung kongestif
  Kardiomiopati restriktif, merupakan kardiomiopati jarang (erjadi 1 dalam 1000 orang) terjadi manakala dinding jantung menjadi kaku dan tidak sukup lentur untuk terisi darah. Akibat jantung tidak terisi darah, maka kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi tidak efektif.Beberapa keadaan menjadi penyebab kelainan ini, tetapi yang paling sering adalah adanya timbunan suatu protein yang dikenal sebagai amyloid di otot jantung. Disamping itu, hemochromatosis dan akibat penyakit jantung lainyang beberapa diantaranya diwariskan, juga merupakan penyebab timbulnyakardiomiopati restriktif.

ETIOLOGI
  Sebagian besar penyebab kardiomiopati tidak diketahui. Pada beberapa orang, dokter dapat mengidentifikasi beberapa faktor yang berkontribusi. Kemungkinan penyebab kardiomiopati meliputi:

1. Tekanan darah tinggi jangka panjang
2. Masalah katup jantung
3. Kerusakan jaringan jantung dari serangan jantung sebelumnya
4. Detak jantung kronis yang cepat
5. Gangguan metabolisme, seperti penyakit tiroid atau diabetes
6. Kekurangan gizi, vitamin, atau mineral esensial, seperti thiamin (vitamin B-1), selenium, kalsium, dan magnesium
7. Kehamilan
8. Penggunaan alkohol berlebihan selama bertahun-tahun
9. Penyalahgunaan obat kokain atau antidepresan, seperti antidepresan trisiklik
10. Penggunaan beberapa obat kemoterapi untuk mengobati kanker
11. Infeksi virus tertentu, yang dapat melukai jantung dan memicu kardiomiopati
12. Penumpukan besi di otot jantung (hemochromatosis)

PATOFISIOLOGI
  Karena adanya gangguan atau kesusakan miokardium maka sebagai kompensasi otot jantung hipertrofi dan rongga jantung membesar, jaringan ikat berproliferasi dan menginfiltrasi otot. Miosit jantung yang mengalami kerusakan atau kematian membuat miokard kehilangan fungsinya yang kemudian dapat mengakibatkan terjadinya gagal jantung, aritmia bahkan kematian mendadak.

GEJALA
Beberapa orang yang mengembangkan kardiomiopati tidak memiliki tanda dan gejala selama tahap awal penyakit. Tetapi karena memburuknya kondisi, tanda dan gejala biasanya dapat muncul. Gejala kardiomiopati dapat mencakup:

1. Sesak napas dengan pengerahan tenaga atau bahkan pada saat   istirahat
2. Pembengkakan pergelangan kaki dan kaki
3. Perut kembung karena penumpukan cairan
4. Kelelahan
5. Detak jantung tidak teratur yang terasa cepat atau berdebar
6. Pusing, kepala ringan, dan pingsan

PEMERIKSAAN PENUNJANG
  Tes ini meliputi:Chest X-ray. Apakah gambar jantung Anda akan menunjukkan membesar.
  Echocardiogram. Ekokardiogram menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung. Dokter Anda dapat menggunakan gambar ini untuk memeriksa ukuran jantungmu dan gerakan seperti debar.
  Elektrokardiogram (EKG). Dalam tes non-invasif ini, elektroda patch melekat pada kulit Anda untuk mengukur impuls listrik dari jantung Anda. EKG dapat menunjukkan gangguan dalam aktivitas listrik jantung Anda, yang dapat mendeteksi irama jantung abnormal dan daerah cedera.
PENCEGAHAN
                Kita dapat membantu mengurangi kemungkinan untuk gagal jantung dengan menghindari beberapa kondisi yang dapat berkontribusi pada jantung yang lemah, termasuk penyalahgunaan alkohol atau kokain, atau tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral. Mengendalikan tekanan darah tinggi dengan diet dan olah raga juga mencegah gagal jantung di kemudian hari. 




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar