RSS

MYALGIA


Definisi

Rheumatica (PMR) adalah suatu gangguan peradangan yang meluas, menyebabkan sakit dan kekakuan otot, terutama di leher, bahu, lengan atas, paha dan pinggul.  Meskipun beberapa orang mengalami gejala-gejala ini secara bertahap, polymyalgia rheumatica dapat muncul dalam semalam. Orang dengan polymyalgia rheumatica bisa saja tidur dengan kondisi baik-baik saja, namun ketika bangun merasakan kekakuan dan rasa sakit.

Etiologi
Penyebab polymyalgia rheumatica tidak diketahui. Penelitian baru-baru ini telah mengindikasikan bahwa faktor-faktor genetik (yang diwariskan) memainkan suatu peran pada mereka yang menderita penyakit. Teori-teori telah memasukan atau mencakupkan stimulasi virus dari sistem imun pada individu-individu yang secara genetik mudah kena.

Gejala Klinis
 
Gejala Polymyalgia Rheumatica meliputi:
  1. Rasa sakit dari sedang hingga parah dan kekakuan pada otot-otot di pinggul, paha, bahu, lengan atas dan leher
  2. Kelelahan
  3. Kelemahan atau perasaan umum tidak sehat
  4. Kadang-kadang, sedikit demam
  5. Anemia–jumlah sel darah merah rendah

Diagnose
       Dokter seringkali mencatat kepekaan otot dan bahwa gerakan dari pundak-pundak dibatasi oleh nyeri.
       Sendi-sendi biasanya tidak membengkak. Bagaimanapun, pembengkakan dari sendi-sendi kecil dari tangan-tangan, pergelangan-pergelangan tangan, dan/atau lutut-lutut dapat terjadi.
       Pengujian darah untuk peradangan umumnya adalah abnormal, seperti yang diindikasikan oleh suatu peninggian yang signifikan pada erythrocyte sedimentation rate (ESR) dan/atau C-reactive protein.
       Diagnosis didasarkan pada sejarah karakteristik dari nyeri otot dan sendi yang persisten dan kekakuan yang berhubungan dengan kenaikan tes-tes darah untuk peradangan, seperti ESR

Pengobatan
Perawatan dari polymyalgia rheumatica diarahkan menuju pengurangan peradangan. Ketika beberapa pasien-pasien dengan gejala-gejala yang ringan dapat bertambah baik dengan obat-obat antiperadangan nonsteroid seperti aspirin atau ibuprofen (Motrin, Advil), kebanyakan pasien-pasien merespon paling baik pada dosis-dosis yang rendah dari obat-obat cortisone seperti prednisone atau prednisolone. Tidak jarang, suatu pengobatan satu hari cortisone meringankan banyak dari gejala-gejala. Namun karena obat-obat prednisone dan prednisolone berhubungan dengan keracunan tulang yang potensial, menyebabkan osteoporosis, pasien-pasien harus mempertimbangkan meminum suplemen-suplemen Kalsium dan vitamin D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar