RSS

JANTUNG KORONER


Definisi
ž  keadaaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan otot jantung atas oksigen dengan penyediaan yang di berikan oleh pembuluh darah koroner.
ž  Ketidakmampuan pembuluh darah koroner untuk menyediakan kebutuhan oksigen biasanya diakibatkan oleh penyumbatan athroma (plak
Epidemiologi
ž  Secara Global
                Di belahan negara dunia, penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang Amerika dewasa
ž  Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) dan Organisasi Federasi Jantung Sedunia (World Heart Federation) memprediksi penyakit jantung akan menjadi penyebab utama kematian di negara-negara Asia pada tahun 2010. Saat ini,sedikitnya 78% kematian global akibat penyakit jantung terjadi pada kalangan masyarakat miskin dan menengah

Etiologi
ž  Disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner), dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll,yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung, yang dalam masyarakat di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Factor Resiko
ž  Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi
ž  Kadar Kolesterol HDL rendah
ž  Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
ž  Merokok
ž  Diabetes Mellitus
ž  Kegemukan
ž  Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga
ž  Kurang olah raga
ž  Stress

Patogenesa
ž  Gejala-gejala penyakit jantung koroner mungkin dapat dirasakan oleh penderita, namun kadang-kadang gejalanya tidak terasa.
ž  Nyeri dada (angina) adalah gejala yang paling sering terasa. Rasa nyeri ini timbul karena jantung tidak mendapat cukup pasokan darah atau oksigen.
ž  Gejala lainnya yang mungkin timbul adalah jantung terasa berat atau diremas.
ž   Anda juga mungkin merasakan nyeri di bawah tulang dada, leher, lengan, perut dan punggung atas. Rasa nyeri biasanya muncul saat melakukan aktivitas atau sedang emosi, dan bisa hilang dengan beristirahat.
Gejala lainnya yang juga bisa terasa adalah sesak napas dan cepat lelah saat melakukan aktifitas.

Pengobatan
ž  Stress test
ž  Nuclear scanning
ž  Coronary Angigraphy
ž  Elektrokardiogram (ECG): pembacaan impuls listrik jantung. Kadang-kadang tes ini dilakukan sembari Anda berolahraga dengan sepeda statis atau treadmill.
ž  Tes darah: untuk mengukur tingkat zat dilepaskan ke dalam darah ketika otot jantung rusak.
ž  Angiogram (atau kateterisasi jantung): rontgen khusus arteri koroner.
ž  Obat untuk melarutkan gumpalan darah yang memblokir arteri koroner.
ž  Angioplasty dan implantasi stent: prosedur untuk membuka arteri koroner yang tersumbat dengan menggunakan balon di titik penyempitan. Setelah arteri terbuka, tabung logam khusus yang dapat menggelembung (stent) ditempatkan agar tetap terbuka.
ž  Operasi bypass: operasi di mana aliran darah dialihkan dari area penyempitan di arteri koroner Anda.
ž  Penggunaan obat jangka panjang : untuk menurunkan risiko gangguan jantung lebih lanjut. Obat-obatan ini mungkin mencakup dosis kecil aspirin reguler, obat penurun kolesterol, beta-blocker dan penghambat ACE (angiotensin-converting enzyme).
ž  Defibrilator implan jantung (ICD):  perangkat kecil yang kadang-kadang ditanam di dekat jantung untuk mengelola irama jantung abnormal (aritmia) yang mungkin terjadi setelah serangan jantung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar