RSS

SUMBATAN JANTUNG


DEFINISI
Sumbatan jantung adalah  kurangnya aliran darah ke otot jantung yang akan memicu serangan jantung dengan gejala utama nyeri dada.

EPIDEMIOLOGI
Data terakhir dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) sumbatan jantung masih menjadi pembunuh manusia nomor satu dinegara maju dan berkembang, dengan menyumbang 60% dari seluruh kematian. Persentase kematian akibat penyakit ini di negara berkembang, termasuk Indonesia, juga meningkat.

Berdasarkan hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga Nasional (SKRTN),dalam 10 tahun terakhir,angka tersebut cenderung meningkat.Pada 1991 mencapai 16%,kemudian melonjak menjadi 26,4 % pada 2001. Diperkirakan, kematian akibat PJK terjadi pada 53,5 per 100.000 penduduk di Tanah Air. Penumpukan zat zat lemak di bawah lapisan terdalam dari dinding pembuluh nadi sehingga akhirnya mengganggu kerja jantung sebagai pemompa darah.

ETIOLOGI
ž  FAKTOR PENYEBAB:
Penyebab Utama:
> Hipertensi
> Diabet
> Kolesterol
> Merokok
> Faktor keturunan
ž  Penyebab Tambahan :
> Kegemukan (obesitas)
> Stress
> Faktor usia (makin tua, resiko makin meningka)
> Kurang olahraga
> Pemakaian tertent, misalnya obat-obat steroid

PATOGENESIS
ž  Nyeri dada tiba-tiba  (biasanya menjalar ke lengan kiri atau sisi kiri leher), sesak napas (dada terasa seperti “diinjak gajah”), mual, muntah, jantung berdebar, berkeringat, dan gelisah. Sekitar seperempat kasus infark miokard terjadi “diam-diam”, tanpa nyeri dada atau gejala lainnya.
 Tingkat kerusakan pada jantung tergantung pada berapa lama otot jantung kekurangan oksigen. Jika aliran darah tidak pulih dalam waktu 20 hingga 40 menit, otot jantung akan mulai mengalami kerusakan permanen, yang mengarah ke jaringan parut. Seiring waktu, hal ini dapat mengakibatkan komplikasi seperti gagal jantung dan aritmia yang mengancam jiwa.

PENGOBATAN
ž  Stress test
ž  Nuclear scanning
ž  Coronary Angigraphy
ž  Elektrokardiogram (ECG): pembacaan impuls listrik jantung. Kadang-kadang tes ini dilakukan sembari Anda berolahraga dengan sepeda statis atau treadmill.
ž  Tes darah: untuk mengukur tingkat zat dilepaskan ke dalam darah ketika otot jantung rusak.
ž  Angiogram (atau kateterisasi jantung): rontgen khusus arteri koroner.
ž  Obat untuk melarutkan gumpalan darah yang memblokir arteri koroner.
ž  Angioplasty dan implantasi stent: prosedur untuk membuka arteri koroner yang tersumbat dengan menggunakan balon di titik penyempitan. Setelah arteri terbuka, tabung logam khusus yang dapat menggelembung (stent) ditempatkan agar tetap terbuka.
ž  Operasi bypass: operasi di mana aliran darah dialihkan dari area penyempitan di arteri koroner Anda.
ž  Penggunaan obat jangka panjang : untuk menurunkan risiko gangguan jantung lebih lanjut. Obat-obatan ini mungkin mencakup dosis kecil aspirin reguler, obat penurun kolesterol, beta-blocker dan penghambat ACE (angiotensin-converting enzyme).
ž  Defibrilator implan jantung (ICD):  perangkat kecil yang kadang-kadang ditanam di dekat jantung untuk mengelola irama jantung abnormal (aritmia) yang mungkin terjadi setelah serangan jantung.

PENCEGAHAN
ž  Pola makan sehat
ž  Berhenti merokok
ž  Hindari stres
ž  Olahraga secara teratur
ž  Konsumsi antioksidan
ž  Keturunan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar