RSS

KELAINAN KATUP JANTUNG


KELAINAN KATUP
DEFINISI
ž  Kelainan katup jantung adalah kelainan pada jantung yang menyebabkan kelainan-kelainan pada aliran darah yang melintasi katup jantung.
ž  Katup yang terserang penyakit dapat mengalami dua jenis gangguan fungsional yaitu :
                1. Regurgitasi
                Daun katup tidak dapat menutup rapat sehingga darah dapat mengalir balik.
                2. Stenosis Katup
                Lubang katup mengalami penyempitan sehingga aliran darah mengalami hambatan.

EPIDEMIOLOGI
ž  Kelainan katup jantung banyak terjadi di Indonesia. Angka kejadian kelainan katup jantung di RSCM (1983) berkisar 69%-79% dari penyakit jantung dalam kehamilan. Peneliti di luar negeri mendapatkan angka antara 85%-95. Penyakit ini tidak menyebabkan kematian secara mendadak seperti jantung koroner, namun komplikasi yang terjadi dapat menyebabkan gagal jantung.
ž  Di negara-negara maju, insidens dari mitral stenosis telah menurun karena berkurangnya kasus demam rematik sedangkan di negara-negara yang belum berkembang cenderung meningkat.
ž  Dua pertiga pasien kelainan ini adalah wanita. Gejala biasanya timbul antara umur 20 sampai 50 tahun. Gejala dapat pula nampak sejak lahir, tetapi jarang sebagai defek tunggal. Mitral stenosis kongenital lebih sering sebagai bagian dari deformitas jantung kompleks.

ETIOLOGI
ž  Bakteri atau jamur yang terdapat didalam aliran darah atau yang mencemari jantung selama pembedahan jantung, dapat tersangkut pada katup jantung dan menginfeksi endokardium. Yang paling mudah terkena infeksi adalah katup yang abnormal atau katup yang rusak , tetapi katup yang normalpun dapat terinfeksi oleh bakteri yang agresif , terutama jika jumlahnya sangat banyak .

PATOGENESIS
ž  Nyeri dada . Nyeri dada dialami oleh penderita stenosis katup aorta yang telah parah.
ž  Pingsan . Penurunan kesadaran pada penderita kelainan katup yang disebabkan oleh kegembiraan.
ž  Sesak napas . Gejala ini disebabkan oleh kegagalan otot jantung untuk mengkompensasi bahan tekanan yang ekstrim dari aortic stenosis.

PENGOBATAN
ž  Melakukan operasi untuk membenahi bentuk dan susunan katup jantung. Sehingga kerja jantung menjadi normal dan orang tersebut dapat kembali beraktifitas seperti biasanya.
ž  Penyakit ini tidak bisa dicegah. Namun pada janin yang belum lahir, kemungkinan timbulnya penyakit ini dapat diminimalisir dengan cara memberikan asupan gizi yang cukup, menghindari penggunaan zat kimia.
ž   Dan bagi wanita yang merokok atau memiliki suami perokok sebaiknya menghindari rokok agar zat kimia dalam asap rokok tidak masuk ke dalam tubuh anda dan membuat kemungkinan timbulnya penyakit kelainan katup jantung pada bayi semakin tinggi.
ž  Gaya hidup sehat seperti sering bangun lebih pagi, tidak terlalu sering tidur malam , dan menghindari rokok dan minuman beralkohol , pola makan yang sehat dengan memperbanyak  makan makanan berserat dan bersayur, serta tidak terlalu banyak makan makanan berlemak den berkolesterol tinggi, dan olahraga yang teratur dan tidak berlebihan .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar