RSS

SP ANFIS, Teknik Elektromedik - Heinstein Samuel Unneputy, Sumsum dan Tulang Belakang



A.Tulang Belakang

            Tulang belakang tsebagai anggota vertebrata, manusia memiliki tulang belakang (vertebra).  Tulang belakang terletak di tengah tubuh manusia.  Tulang ini berfungsi penting untuk menopang badan, sebagai tempat melekatnya tulang rusuk dan melindungi organ dalam tubuh. Peran tulang belakang sangat vital karena selain sebagai penopang tubuh, tulang ini juga merupakan tempat terdapatnya saraf utama tubuh.
            Tulang Belakang adalah bagian tubuh kita yang sering kali kita diabaikan. Padahal di tulang belakang inilah tersimpan dan terlindung dengan baik syaraf-syaraf yang sangat penting. Kadang kala karena kesalahan kita sendiri maka terjadi kerusakan atau cedera di tulang belakang kita, yang akibatnya bisa berbagai macam.Dalam tubuh manusia ada susunan tulang yang memanjang dari leher sampai ke selangkangan. Susunan tulang tersebut dinamakan Tulang Belakang.

1. Fungsi Tulang Belakang
A.               Fungsi tulang belakang sebagai structural support; menopang bagian atas tubuh (kepala, bahu, dan dada) dan menyambungkan dengan bagian bawah tubuh (perut, pelvis).  Disaat menopang bagian-bagian tubuh, dengan bersamaan tulang belakang juga menjaga keseimbangan dan mendistribusikan berat tubuh ke bawah. Bila kurva natural bisa dijaga dengan baik, tulang belakang dapat mengoptimalkan fungsinya untuk membagi berat pada tiap sektor sesuai kapasitas masing-masing. Sektor-sektor tersebut antara lain; Bagian atas / cervical menopang kepala, bagian tengah / thoracicsmenopang organ-organ pada wilayah dada, bagian bawah / lumbar menopang abdominal (perut
B.              Fungsi keduanya yakni menempatkan persendian pada posisi yang stabil. Apabila seseorang memiliki kelainan pada tulang belakangnya, misalnya memiliki tulang belakang yang sangat lurus, tidak menutup kemungkinan ia bisa terkena cidera. Mengeliminir kurva normal dapat menyebabkan distribusi berat lebih banyak pada bagian bawah tubuh serta persendian beradu dan terbebani. Hal ini bisa membuat tulang belakang menjadi ringkih. Maka dari itu, penting untuk menjaga keidealan posisi tulang belakang agar terhindar dari cidera tulang belakang atau patah tulang.

2. Manfaat dari Menjaga Postur Normal
             Dengan menjaga postur ideal fungsi tulang belakang dapat dioptimalkan sehingga tubuh menjadi seimbang, sistem pernapasan baik dan ketegangan otot dapat diminimalisir.  Pada postur yang normal, bagian cervical akan ada diposisi yang rileks, tidak mendongak keatas atau terlalu maju kedepan. Otomatis tidak akan ada ketegangan pada neck flexor (leher bagian depan) dan neck extensor (leher bagian belakang).

            Sedangkan pada thoracic yang natural, organ dalam seperti paru-paru ditopang dengan baik sehingga pernapasan menjadi optimal. Posisi cervical pada dasarnya dipengaruhi oleh posisi thoracic, oleh karena itu bila posisi thoracicnormal, maka cervical juga menjadi natural. Begitu juga posisi thoracic, akan dipengaruhi oleh posisi lumbarLumbaryang natural akan menempatkan pelvis pada posisi paling ideal sehingga dapat menyangga berat tubuh dan mentransmsikan berat secara seimbang.
3. Bagian Tulang Belakang
            Tulang belakang terdiri dari susunan 33 ruas tulang yang masing-masing memiliki nama sendiri. Namun ke 33 ruas tulang tersebut dapat dibagi menjadi 5 bagian.Di dalam susunan tulang tersebut terangkai pula rangkaian syaraf-syaraf, yang bila terjadi cedera di tulang belakang maka akan mempengaruhi syaraf-syaraf tersebut.
Tulang belakang terdiri atas 33 ruas tulang dan terbagi menjadi 5 bagian, antara lain:
         Ruas tulang leher (vertebra servik).
         Ruas tulang punggung (vertebra torak).
         Ruas tulang pinggang (vertebra lumbar).
         Ruas tulang kelangkang (sacrum).
         Ruas tulang ekor (coccyx).


a.      Ruas tulang leher (vertebra servik).
            Terdapat 7 ruas tulang leher dengan ruas pertama adalah tulang atlas.  Tulang atlas berfungsi untuk menunjang tengkorak.  Ruas kedua adalah tulang pemutar (aksis).  Adanya tulang atlas dan aksis memungkinkan kepala untuk berputar.  Ruas ketiga sampai ruas ketujuh  memiliki bentuk yang mirip dan tidak bersendian dengan tulang rusuk.

b.      Ruas tulang punggung (vertebra torak).
            Tulang punggung berjumlah 12 ruas dengan bentuk yang hampir serupa.  Tiap ruas tulang punggung memiliki badan tulang dengan tonjolan tulang ke kiri dan ke kanan sebagai tempat persendian dengan tulang-tulang rusuk (ribs).  Badan tulang ini berlekatan dengan lengkung vertebra yang melindungi sumsum tulang belakang.  Diantara ruas tulang belakang terdapat tulang rawan (kartilago).




c.       Ruass tulang pinggang (vertebra lumbar).
            Berujumlah 5 ruas tulang. Tulang pinggang merupakan ruas tulang belakang yang paling kuat dan besar dibandingkan ruas tulang belakang lainnya.  Bentuknya hampir serupa dengan ruas tulang punggung, namun tidak bersendian dengan tulang rusuk.

d.      Ruas tulang kelangkang (sakrum).
            Sakrum merupakan gabungan 5 ruas tulang yang bersatu.  Tulang ini bersendian dengan tulang gelang panggul, ruas tulang pinggang terakhir dan tulang ekor.


e.       Ruas tulang ekor (coccyx).
            Tulang ekor merupakan vertebra terakhir.  Tulang ekor atau coccyx adalah gabungan 4 ruas tulang yang bersatu.  Tulang ini bersendian dengan tulang kelangkang.


4. Kelainan Bentuk Tulang Belakang

      Kelainan bentuk tulang belakang dapat terjadi karena pola duduk yang tidak benar. Beberapa diantaranya menyebabkan:

1.      Skoliosis dadalah bentuk tulang belakang melengkung ke kiri atau ke kanan.
2.      Kifosisadalah bentuk tulang belakang melengkung ke belakang.
3.      Lordosis.adalah bentuk tulang belakang yang melengkung ke depan

Sumsum tulang belakang
Sumsum tulang belakang adalah saraf yang tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak dan melengkungi serta dilindungi oleh tulang belakang. Fungsi utama sumsum tulang belakang adalah transmisi pemasukan rangsangan antara periferi dan otak. Fungsi lain sumsum tulang belakang adalah mengontrol gerakan refleks, termasuk gerakan reflek pada mata, hidung, dan lain-lain.







  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar